Assalamu Alaikum Wr Wb

Selamat datang di Blog saya. Semoga bermanfaat.
Jumat, September 05, 2014

MENGAMATI: APA YANG HARUS DILAKUKAN GURU?

Pada kurikulum sebelumnya, sebut saja Kurikulum 2006, kita kenal istilah Eksplorasi, Elaborasi, dan Konfirmasi atau EEK. Karena tidak ada penjelasan yang memadai, banyak pihak, termasuk guru yang bertanya-tanya apa itu Eksplorasi. Akibatnya banyak ‘kegiatan’ yang disediakan untuk Eksplorasi ini sebenarnya bukan termasuk eksplorasi.

Pada Kurikulum 2013 dikenal istilah Pendekatan Ilmiah. Sebenarnya pendekatan ini merupakan EEK yang dirinci. Eksplorasi, misalnya, dirinci menjadi Mengamati, membaca, mendengarkan dll.
Berdasarkan pengalaman setahun implementasi K13, kegiatan pertama pada Pendekatan Ilmiah, MENGAMATI, merupakan salah satu masalah bagi guru.

Berikut TIP bagi guru untuk MEMFASILITASI kegiatan siswa ini (Mengamati). Untuk  mapel Matematika paling sedikit ada 3 cara:

Pertama: Sediakan teks dari Buku Siswa untuk DIBACA  siswa. Tetapi, kegiatan membaca saja TIDAK CUKUP. Harus ada bukti bahwa mereka telah membaca (Mengamati).  Untuk itu minta mereka untuk mencatat beberapa poin penting dari bahan bacaan tersebut dalam bentuk kata-kata kunci.

Kedua: Sediakan bangun geometris, misalnya segitiga. Minta siswa untuk mencermati bangun tersebut dilanjutkan dengan membuat skets sebagian atau seluruh bangun tersebut sebagai bukti fisik mereka telah melakukan pengamatan.

Ketiga: Sediakan situasi sehari-hari atau soal cerita.  Minta mereka membaca soal tersebut dilanjutkan dengan mencatat apa yang diketahui dan apa yang ditanya pada soal tersebut. Dua aspek ini merupakan bukti bahwa mereka telah MENGAMATI.

Kesimpulannya: untuk kegiatan MENGAMATI tugas guru adalah menyediakan sesuatu untuk diamati oleh para siswa. Siswa perlu diminta bukti bahwa mereka telah melakukan pengamatan.

Selamat bertugas.

1 comments:

Yati Kurniawati mengatakan...

Terima kasih Pak Idris.

 
;