Assalamu Alaikum Wr Wb

Selamat datang di Blog saya. Semoga bermanfaat.
Sabtu, Desember 14, 2019

CONTOH RPP MATEMATIKA SMP VERSI BARU 1 HALAMAN 2019

CONTOH RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
                                                           SEKOLAH                : SMP….
                                                           MATAPELAJARAN : MATEMATIKA
                                                           KELAS/SEMESTER : VIII/
                                                           DURASI                   : 7-8 JP
KOMPETENSI DASAR
3.5  Menjelaskan sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual
4.5  Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
Catatan:
Walau disebut bukan bagian inti, KD harus dicantumkan sebagai panduan untuk pengembangan Materi dan Tujuan Pembelajaran
MATERI: Sistem Persamaan Lineas Dua Variabel:
1.    Penyelesaian SPLDV
2.    Teknik Penyelesaian SPLDV
3.    Penerapan SPLDV

TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah (D) melakukan kegiatan pembelajaran (C), siswa (A) akan mampu menjelaskan (B) konsep SPLDV
2.    Dengan memperhatikan contoh-contoh penyelesaian (C) SPLDV, siswa (A) akan membandingkan (B) teknik-teknik penyelesaiannya
3.    Siswa (A) akan menentukan (B) himpunan selesaian SPLDV, termasuk terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.    Siswa (A) akan menulis (B) masalah berdasarkan model SPLDV sederhana (D).
Catatan:
-       Perumusan Kegiatan pembelajaran merupakan unsur baru dalam format RPP. Karena itu, dapat menjadi tantangan bagi beberapa guru.
-       Unsur ABCD harus ada, jika tidak ditulis akan sajikan dalam Kegiatan Pembelajaran. Untuk contoh ini: A, B, C, dan D dicantumkan unsur tersebut.
-       B didahului dengan kata akan, bukan dapat untuk menekankan pentingnya kegiatan
-       B diutamakan level atas, dengan asumsi guru memahami bhw untuk mencapainya dibutuhkan pengatahuan level yang lebih rendah
-       C dapat dicantumkan disini, dan diurai dalam Kegiatan Pembelajaran
-       D dapat dibatasi dalam hal 1) Timing kapan tercapainya kompetensi 2) Materi untuk disesuaikan dengan charakteristik psikologis siswa. Dengan BENAR dan dan TELITI tidak termasuk Degree.
-       D bias jadi tidak ditulis, bila maksudnya tidak ada pembatasan
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan dimulai dengan penyiapan siswa dengan mengingatkan konsep mendiskusikan PLSV dan dalam kehidupan sehari-hari.
       Selanjutnya, guru menyajikan suatu masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV sederhana. Masing-masing kelompok akan mempelajari dan menyelesaikan dengan salah satu cara teknik.  
        Aplikasi IT seperti Graph, Photomath dan atau Geogebra akan digunakan untuk mengkonfirmasi penyelesaian SPLDV. Selanjutnya, Kelompok akan mempresentasikan hasil. Bagian ini diakhiri dengan diskusi pembandingan penyelesaian SPLDV.
       Terakhir, guru akan kembali model SPLDV semula. Siswa akan menulis masalah lain yang mirip dengan permasalahan di atas.
       Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan menyediakan latihan dan atau penugasan dengan memperhatikan level dan dimensi pengetahuan dan teknologi.
Catatan:
-       Alinea 1 dapat dihilangkan dengan catatan guru telah memahami manfaat dan tata cara penyampaian apersepsi.
-       Alinea 2 merupakan kegiatan M3 (mengamati), dan M2 (mengumpulkan informasi). Pertanyaan yang diajukan harus dijawab, kembali membaca Buku Siswa (M3) bila diperlukan.
-       Alinea 3 merupakan kegiatan M4 dan M5.
-       Alinea 4 bersifat terbuka karenanya dapat meningkatkan daya kreatifitas siswa, khususnya dalam komunikasi secara tertulis
-       Semua level kognitif : Pengetahuan/ pemahaman, Penerapan, dan Penalaran telah  terpenuhi
-       Dimensi pengetahuan: faktual, konseptual, prosedural, dan metakognisi telah tetrpenuhi
-       Pembelajaran abad 21: komunikasi, kolaborasi, kritis, dan kreatif telah tetrfasilitasi
-       Literasi walaupun tidak sebut secara eksplisit telah terpenuhi.
-       Karakter dapat tumbuh kembang karena pembelajaran berbentuk kegiatan. Hanya dengan kegiatan karakter dapat tumbuh kembang.
-          Rumusan Kegiatan Pembelajaran dapat disajikan butir per butir
ASESMEN
Pertanyaan yang diajukan akan meliputi level kognitif dan dimensi pengetahuan terutama prosedural secara proporsional.

Catatan:
Dengan memperhatikan materi dan kegiatan pembelajarannya, pertanyaan HOTS dapat diajukan.

                                                                                                            Yogyakarta, 14 Desember 2019
Disahkan oleh Kepala Sekolah                                                       Disusun oleh Guru Matematika



(Ehm ehm ehm ehm)                                                                       (Idris Harta)

0 comments:

 
;