CONTOH RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
|
|
SEKOLAH : SMP….
MATAPELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : VIII/
DURASI : 7-8
JP
|
|
KOMPETENSI DASAR
3.5 Menjelaskan
sistem persamaan linear dua variabel dan penyelesaiannya yang dihubungkan
dengan masalah kontekstual
4.5 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
|
Catatan:
Walau disebut bukan bagian inti, KD harus dicantumkan sebagai
panduan untuk pengembangan Materi dan Tujuan Pembelajaran
|
MATERI: Sistem Persamaan Lineas Dua Variabel:
1.
Penyelesaian SPLDV
2.
Teknik Penyelesaian SPLDV
3.
Penerapan SPLDV
|
|
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah (D) melakukan kegiatan pembelajaran
(C), siswa (A) akan mampu menjelaskan (B) konsep SPLDV
2.
Dengan memperhatikan contoh-contoh
penyelesaian (C) SPLDV, siswa (A) akan membandingkan (B) teknik-teknik penyelesaiannya
3.
Siswa (A) akan menentukan (B) himpunan selesaian
SPLDV, termasuk terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Siswa (A) akan menulis (B) masalah
berdasarkan model SPLDV sederhana (D).
|
Catatan:
-
Perumusan Kegiatan pembelajaran merupakan
unsur baru dalam format RPP. Karena itu, dapat menjadi tantangan bagi
beberapa guru.
-
Unsur ABCD
harus ada, jika tidak ditulis akan sajikan dalam Kegiatan Pembelajaran. Untuk
contoh ini: A, B, C, dan D dicantumkan unsur tersebut.
-
B
didahului dengan kata akan, bukan dapat untuk menekankan pentingnya kegiatan
-
B
diutamakan level atas, dengan asumsi guru memahami bhw untuk mencapainya dibutuhkan
pengatahuan level yang lebih rendah
-
C dapat
dicantumkan disini, dan diurai dalam Kegiatan Pembelajaran
-
D dapat dibatasi
dalam hal 1) Timing kapan tercapainya kompetensi
2) Materi untuk
disesuaikan dengan charakteristik psikologis siswa. Dengan BENAR dan dan
TELITI tidak termasuk Degree.
-
D bias
jadi tidak ditulis, bila maksudnya tidak ada pembatasan
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan dimulai dengan penyiapan siswa dengan mengingatkan
konsep mendiskusikan PLSV dan dalam
kehidupan sehari-hari.
Selanjutnya, guru
menyajikan suatu masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV sederhana. Masing-masing kelompok akan mempelajari dan menyelesaikan dengan salah satu cara teknik.
Aplikasi IT seperti Graph,
Photomath dan atau Geogebra akan digunakan untuk
mengkonfirmasi penyelesaian SPLDV. Selanjutnya, Kelompok akan mempresentasikan hasil.
Bagian ini diakhiri dengan diskusi pembandingan penyelesaian SPLDV.
Terakhir, guru
akan kembali model SPLDV semula. Siswa akan menulis
masalah lain yang mirip dengan permasalahan di atas.
Kegiatan pembelajaran
diakhiri dengan menyediakan latihan dan atau penugasan dengan memperhatikan
level dan dimensi pengetahuan dan teknologi.
|
Catatan:
-
Alinea 1 dapat dihilangkan dengan catatan
guru telah memahami manfaat dan tata cara penyampaian apersepsi.
-
Alinea 2 merupakan kegiatan M3 (mengamati),
dan M2 (mengumpulkan informasi). Pertanyaan yang diajukan harus dijawab, kembali
membaca Buku Siswa (M3) bila diperlukan.
-
Alinea 3 merupakan kegiatan M4 dan M5.
-
Alinea 4 bersifat terbuka karenanya dapat
meningkatkan daya kreatifitas siswa, khususnya dalam komunikasi secara tertulis
-
Semua level kognitif : Pengetahuan/ pemahaman,
Penerapan, dan Penalaran telah terpenuhi
-
Dimensi pengetahuan: faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognisi telah tetrpenuhi
-
Pembelajaran abad 21: komunikasi, kolaborasi,
kritis, dan kreatif telah tetrfasilitasi
-
Literasi walaupun tidak sebut secara
eksplisit telah terpenuhi.
-
Karakter dapat tumbuh kembang karena
pembelajaran berbentuk kegiatan. Hanya dengan kegiatan karakter dapat tumbuh
kembang.
-
Rumusan Kegiatan Pembelajaran dapat
disajikan butir per butir
|
ASESMEN
Pertanyaan yang diajukan akan meliputi level kognitif dan
dimensi pengetahuan terutama prosedural secara proporsional.
|
Catatan:
Dengan memperhatikan materi dan kegiatan pembelajarannya, pertanyaan
HOTS dapat diajukan.
|
Yogyakarta, 14 Desember 2019
Disahkan oleh Kepala Sekolah
Disusun oleh Guru Matematika
(Ehm ehm ehm ehm)
(Idris Harta)
|
Assalamu Alaikum Wr Wb
Selamat datang di Blog saya. Semoga bermanfaat.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 comments:
Posting Komentar