RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan
Pendidikan : SD/MI
Kelas /
Semester : 4 /1
Mata
Pelajaran :
Matematika
Alokasi
waktu :
2-3 JP
|
|
BAHAN/ALAT/MEDIA
Buku Guru, Buku
Siswa, Alat manipulasi berupa model pecahan.
|
|
KOMPETENSI
DASAR
3.1
Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
4.1
Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
|
|
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
|
1. Dengan memperhatikan contoh pecahan senilai
(C), siswa (A) akan mengidentifikasi (B) semua (D) karakteristiknya.
2. Menggunakan ciri-ciri dua pecahan senilai,
siswa akan menulis prosedur kesamaan dua pecahan.
3. Dengan menggunakan prosedur yang disusun,
siswa akan memberi contoh pecahan senilai dan tidak senilai.
|
|
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
|
Pendahuluan
|
|
·
Guru menyiapkan
siswa dengan berdoa, memeriksa kehadiran. dan mencatat banyak siswa/siswi sebagai
pecahan untuk mendekatkan siswa ke topik pembelajaran
·
Guru meminta
siswa membuka BS halaman 7 dan melakukan Tanya jawab sebagai apersepsi
Inti
|
|
Pembelajaran
akan dilakukan secara induktif (dari
khusus (contoh) ke umum (generalisasi).
·
Guru memberikan
contoh bahwa dansenilai atau = demikian juga dengan
dan dikuti dengan
pertanyaan-pertanyaan seperti apa hubungan antar pembilang? Antar penyebut
kedua pecahan?
·
Dengan
bimbingan guru, kelompok siswa akan menentukan ciri-ciri dua pecahan senilai sehingga
dapat menulis prosedur penentuannya dan memberikan contoh beberapa pecahan
senilai.
·
Guru dan siswa akan
menggunakan model pecahan untuk mengkonfirmasi jawaban di atas dengan
melakukan kegiatan pada hal 14 BS.
·
Guru
meminta 3 orang siswa maju kedepan kelas, salah satunya siswa putera. Lalu
mengajukan pertanyaan: Ada berapa siswa putera? Dari berapa orang siswa? Apa
bila banyak siswa putera digandakan, apa yang harus dilakukan pada siswa
puteri sehingga kedua pecahan yang melambangkannya tetap senilai?
·
Selanjutnya
guru meminta siswa untuk memberi 2 pecahan yang senilai dan menunjukkannya.
|
|
Penutup
Guru dan siswa
mengkonfirmasi simpulan dengan teori di berbagai sumber termasuk Buku Siswa
dan penugasan bila diperlukan. Dilanjutkan dengan surfing internet website
yang mengutamakan pecahan senilai secara virtual
manipulative kits.
|
|
C.
ASESMEN
|
|
Sikap:
Mengamati anak yang masih belum menunjukkan kerjasama dan keberanian untuk
ditindaklanjuti.
Pengetahuan/Keterampilan
: Tes tertulis dengan memperhatikan level dan dimensi kognitif secara
proporsional.
|
|
Yogyakarta, 15 Desember 2019
Diketahui oleh
Kepala Sekolah Disusun
oleh Guru Matematika
(……………………………)
(……………………….)
|
|
CATATAN:
1. RPP ini disusun berdasarkan satu pasang
kompetensi dasar untuk guru kelas 4 mapel Matematika. (KD 3.1 dan 4.1)
2. Karena untuk kelas 4 terdapat 12 pasang KD,
berarti guru kelas 4 mapel Matematika harus menyusun 12 RPP pertahun.
3. Tujuan Pembelajatran disusun dengan 4 Unsur:
ABCD. Jika tidak dibatasi D tidak perlu ditulis. Pada Tujuan 1, ABCD
dicantumkan sekedatr untuk memberi contoh. Selanjutnya label dihilangkan.
4. Pada pembelajaran dicantumkan pendekatan, yaitu induktif. Ini dilakukan untuk
mengungatkan bahwa PUSKURBUK menyaratkan bahwa sebagian besar materi disajikan
secara induktif.
5. Pembelajaran dimulai dari contoh untuk sampai
kepada kesimpulan sebagaimana alur belajar secara induktif.
6. Dengan pembelajaran seperti ini: berkelompok,
diskusi, menyimpulkan dan kegiatan menulis kecakapan abad 21 terfasilitasi.
7. Pada RPP ini, guru melakukan kegiatan
manajerial. Siswa tetap aktif melakukan sesuatu, menggunakan alat manipulatif.
0 comments:
Posting Komentar