Assalamu Alaikum Wr Wb

Selamat datang di Blog saya. Semoga bermanfaat.
Sabtu, Januari 18, 2020

RPP SD KELAS 4 VERSI 2020 SATU HALAMAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan         : SD/MI
Kelas / Semester           :  4 /1
Mata Pelajaran               :  Matematika
Alokasi waktu                 :  2-3 JP
BAHAN/ALAT/MEDIA
Buku Guru, Buku Siswa, Alat manipulasi berupa model pecahan.
KOMPETENSI DASAR
3.1      Menjelaskan pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
4.1      Mengidentifikasi pecahan-pecahan senilai dengan gambar dan model konkret
A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.       Dengan memperhatikan contoh pecahan senilai (C), siswa (A) akan mengidentifikasi (B) semua (D) karakteristiknya.
2.       Menggunakan ciri-ciri dua pecahan senilai, siswa akan menulis prosedur kesamaan dua pecahan.
3.       Dengan menggunakan prosedur yang disusun, siswa akan memberi contoh pecahan senilai dan tidak senilai.
B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
·         Guru menyiapkan siswa dengan berdoa, memeriksa kehadiran. dan mencatat banyak siswa/siswi sebagai pecahan untuk mendekatkan siswa ke topik pembelajaran
·         Guru meminta siswa membuka BS halaman 7 dan melakukan Tanya jawab sebagai apersepsi
Inti
Pembelajaran akan dilakukan secara induktif (dari khusus (contoh) ke umum (generalisasi).
·         Guru memberikan contoh bahwa dansenilai atau = demikian juga dengan  dan dikuti dengan pertanyaan-pertanyaan seperti apa hubungan antar pembilang? Antar penyebut kedua pecahan?
·         Dengan bimbingan guru, kelompok siswa akan menentukan ciri-ciri dua pecahan senilai sehingga dapat menulis prosedur penentuannya dan memberikan contoh beberapa pecahan senilai.
·         Guru dan siswa akan menggunakan model pecahan untuk mengkonfirmasi jawaban di atas dengan melakukan kegiatan pada hal 14 BS.
·         Guru meminta 3 orang siswa maju kedepan kelas, salah satunya siswa putera. Lalu mengajukan pertanyaan: Ada berapa siswa putera? Dari berapa orang siswa? Apa bila banyak siswa putera digandakan, apa yang harus dilakukan pada siswa puteri sehingga kedua pecahan yang melambangkannya tetap senilai?
·         Selanjutnya guru meminta siswa untuk memberi 2 pecahan yang senilai dan menunjukkannya.
Penutup
Guru dan siswa mengkonfirmasi simpulan dengan teori di berbagai sumber termasuk Buku Siswa dan penugasan bila diperlukan. Dilanjutkan dengan surfing internet  website yang mengutamakan pecahan senilai secara virtual manipulative kits.

C.     ASESMEN

Sikap: Mengamati anak yang masih belum menunjukkan kerjasama dan keberanian untuk ditindaklanjuti.
Pengetahuan/Keterampilan : Tes tertulis dengan memperhatikan level dan dimensi kognitif secara proporsional.

                                                                                                            Yogyakarta, 15 Desember 2019
Diketahui oleh Kepala Sekolah                                                       Disusun oleh Guru Matematika



(……………………………)                                                                       (……………………….)



CATATAN:
1.       RPP ini disusun berdasarkan satu pasang kompetensi dasar untuk guru kelas 4 mapel Matematika. (KD 3.1 dan 4.1)
2.       Karena untuk kelas 4 terdapat 12 pasang KD, berarti guru kelas 4 mapel Matematika harus menyusun 12 RPP pertahun.
3.       Tujuan Pembelajatran disusun dengan 4 Unsur: ABCD. Jika tidak dibatasi D tidak perlu ditulis. Pada Tujuan 1, ABCD dicantumkan sekedatr untuk memberi contoh. Selanjutnya label dihilangkan.
4.       Pada pembelajaran dicantumkan pendekatan, yaitu induktif. Ini dilakukan untuk mengungatkan bahwa PUSKURBUK menyaratkan bahwa sebagian besar materi disajikan secara induktif.
5.       Pembelajaran dimulai dari contoh untuk sampai kepada kesimpulan sebagaimana alur belajar secara induktif.
6.       Dengan pembelajaran seperti ini: berkelompok, diskusi, menyimpulkan dan kegiatan menulis kecakapan abad 21 terfasilitasi.
7.       Pada RPP ini, guru melakukan kegiatan manajerial. Siswa tetap aktif melakukan sesuatu, menggunakan alat manipulatif.

0 comments:

 
;