RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD/MI
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema :
Tema 1 - Diriku
Sub Tema :
Sub Tema 1 - Aku dan Teman Baru
Pembelajaran
ke- : 1 -
6
Alokasi
waktu : 1
Minggu
|
||
A.
KOMPETENSI DASAR
|
||
Muatan
|
No. KD
|
Kompetensi
yang akan Dicapai
|
PPKn
|
1.2 dan 2.2
3.2 dan 4.2
|
Percaya diri, berani, disiplin, dan bekerja sama.
Mengidentifikasi aturan dan menceritakan kegiatan sesuai aturan.
|
Bahasa Indonesia
|
3.9 dan 4.9
|
Merinci dan menggunakan kosa kata perkenalan diri dan orang lain
secara tertulis dan lisan termasuk dalam Bahasa Ibu.
|
SBdP
|
3.2 dan 4.2
|
Menyebutkan dan menirukan alat musik.
|
Matematika
|
3.1 dan 4.1
3.2 dan 4.2
|
Menjelaskan, menyajikan dan menulis bilangan untuk banyak benda
sampai dengan 10
|
PJOK
|
3.1 dan 4.1
|
Mengidentifikasi dan mempraktikan gerak dasar pada permainan
sederhana/tradisional
|
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
||
Melalui berbagai kegiatan seperti bermain, bernyanyi dan
bergerak, siswa akan:
·
Mengenalkan diri dan bermain dengan teman; mengidentifikasi
warna suara (BG hlm 3-7)
·
Menerapkan pengetahuan tentang identitas
teman; melakukan gerakan lokomotor melalui permainan sederhana (BG hlm 9-14)
·
Membaca huruf unsur kata; membilang benda
dari 1-10 (BG hlm 16-21)
·
Mengikuti aturan; melakukan gerakan lokomotor
melalui permainan sederhana; mengidentifikasi warna suara (BG hlm 24-28)
·
Menyebutkan unsur penyusun kata; lambang
bilangan 1-10; mengidentifikasi huruf penyusun nama; membilang banyak benda.
(BG hlm 30-35)
·
Menyusun kalimat dan menulis lambang bilangan
1-10 (BG hlm 37-40)
|
||
C.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||
Pembelajaran 1: Mengenal teman baru
dan warna suara (BS hlm 1-8)
Pembelajaran 2: Bergerak dan bermain
bersama teman (BS hlm 9-11)
Pembelajaran 3: Mengenal huruf dan
bilangan 1-10 (BS hlm 12-18)
Pembelajaran 4: Bermain bersama
teman dan mengenal warna suaranya (BS hlm 19-21)
Pembelajaran 5: Mengenal huruf nama depan
teman dan lambang bilangan sd 10 (BS hlm 22-28)
Pembelajaran 6: Bermain huruf dan mengenal
lingkungan sambil membaca angka (BS hlm 29-36)
|
||
D.
ASESMEN
|
||
Sikap: Pengamatan/Jurnal
Pengetahuan dan Keterampilan:
Portofolio dan Kuis. Perhatikan Pedoman pada BG.
|
||
Yogyakarta, 20 Desember 2019
Mengetahui: Kepala SD
Guru Kelas 1
(……………………………..)
(Idris Harta)
|
CATATAN PERUMUS:
1.
Materi kelas 1 SD disajikan dalam 8 Tema,
masing-masing tema dibagi atas 4 Subtema, dan masing-masing subtema disajikan
dalam 6 hari pembelajaran. Karena RPP disusun berdasarkan Pembelajaran, seorang
guru SD kelas 1 harus menyusun 6 RPP x 4 subtema x 8 tema atau 192 RPP.
2.
RPP ini dikembangkan dari Buku Guru dan disusun
berdasarkan Subtema, dalam hal ini
Subtema 1: Aku dan Teman Baru, bukan
berdasarkan Pembelajaran, sehingga Guru SD hanya menyusun 4 RPP pada setiap
Subtema. Dengan kata lain, guru menyusun 32 RPP pertahun. Masih lebih banyak
dibandingkan guru SMP (Kelas VII: 12 RPP) dan SMA (Kelas X: 10 RPP)
3.
Rumusan pada Kompetensi Dasar, Tujuan
Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran dimaksudkan untuk memberi makna pada
rumusan RPP, RPP bukan untuk sekedar disusun, tetapi untuk dipergunakan oleh sebagai
panduan pembelajaran.
4.
Tujuan Pembelajaran ditulis secara umum,
terutama pada unsur Condition dan Degree.
5.
Dengan memperhatikan rumusan ini, Buku Siswa
dan Buku Guru akan termanfaat secara optimal tanpa melupakan adanya sumber
lain.
0 comments:
Posting Komentar