Assalamu Alaikum Wr Wb

Selamat datang di Blog saya. Semoga bermanfaat.
Jumat, Januari 17, 2020

CONTOH RPP SD KELAS 1 TEMATIK TERINTEGRASI KURIKULUM 2013 VERSI 2020 1 HALAMAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester         :  1 /1
Tema                           :  Tema 1 - Diriku
Sub Tema                      :  Sub Tema 1 - Aku dan Teman Baru
Pembelajaran ke-        :  1 - 6
Alokasi waktu              :  1 Minggu
A.      KOMPETENSI DASAR
Muatan
No. KD
Kompetensi yang akan Dicapai
PPKn
1.2 dan 2.2
3.2 dan 4.2
Percaya diri, berani, disiplin, dan bekerja sama.
Mengidentifikasi aturan dan menceritakan kegiatan sesuai aturan.
Bahasa Indonesia
3.9 dan 4.9
Merinci dan menggunakan kosa kata perkenalan diri dan orang lain secara tertulis dan lisan termasuk dalam Bahasa Ibu.
SBdP
3.2 dan 4.2
Menyebutkan dan menirukan alat musik.
Matematika
3.1 dan 4.1
3.2 dan 4.2
Menjelaskan, menyajikan dan menulis bilangan untuk banyak benda sampai dengan 10
PJOK
3.1 dan 4.1
Mengidentifikasi dan mempraktikan gerak dasar pada permainan sederhana/tradisional
B.      TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui berbagai kegiatan seperti bermain, bernyanyi dan bergerak, siswa akan:
·      Mengenalkan diri dan bermain dengan teman; mengidentifikasi warna suara (BG hlm 3-7)
·      Menerapkan pengetahuan tentang identitas teman; melakukan gerakan lokomotor melalui permainan sederhana (BG hlm 9-14)
·      Membaca huruf unsur kata; membilang benda dari 1-10 (BG hlm 16-21)
·      Mengikuti aturan; melakukan gerakan lokomotor melalui permainan sederhana; mengidentifikasi warna suara (BG hlm 24-28)
·      Menyebutkan unsur penyusun kata; lambang bilangan 1-10; mengidentifikasi huruf penyusun nama; membilang banyak benda. (BG hlm 30-35)
·      Menyusun kalimat dan menulis lambang bilangan 1-10 (BG hlm 37-40)
C.      KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pembelajaran 1: Mengenal teman baru dan warna suara (BS hlm  1-8)
Pembelajaran 2: Bergerak dan bermain bersama teman (BS hlm 9-11)
Pembelajaran 3: Mengenal huruf dan bilangan 1-10 (BS hlm 12-18)
Pembelajaran 4: Bermain bersama teman dan mengenal warna suaranya (BS hlm 19-21)
Pembelajaran 5: Mengenal huruf nama depan teman dan lambang bilangan sd 10 (BS hlm 22-28)
Pembelajaran 6: Bermain huruf dan mengenal lingkungan sambil membaca angka (BS hlm 29-36)
D.     ASESMEN
Sikap: Pengamatan/Jurnal
Pengetahuan dan Keterampilan: Portofolio dan Kuis. Perhatikan Pedoman pada BG.
                                                                                                                       Yogyakarta, 20 Desember 2019
Mengetahui: Kepala SD                                                                              Guru Kelas 1


(……………………………..)                                                                                 (Idris Harta)





CATATAN PERUMUS:
1.      Materi kelas 1 SD disajikan dalam 8 Tema, masing-masing tema dibagi atas 4 Subtema, dan masing-masing subtema disajikan dalam 6 hari pembelajaran. Karena RPP disusun berdasarkan Pembelajaran, seorang guru SD kelas 1 harus menyusun 6 RPP x 4 subtema x 8 tema atau 192 RPP.
2.      RPP ini dikembangkan dari Buku Guru dan disusun berdasarkan Subtema, dalam hal ini Subtema 1: Aku dan Teman Baru, bukan berdasarkan Pembelajaran, sehingga Guru SD hanya menyusun 4 RPP pada setiap Subtema. Dengan kata lain, guru menyusun 32 RPP pertahun. Masih lebih banyak dibandingkan guru SMP (Kelas VII: 12 RPP) dan SMA (Kelas X: 10 RPP)
3.      Rumusan pada Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran dimaksudkan untuk memberi makna pada rumusan RPP, RPP bukan untuk sekedar disusun, tetapi untuk dipergunakan oleh sebagai panduan pembelajaran.
4.      Tujuan Pembelajaran ditulis secara umum, terutama pada unsur Condition dan Degree.
5.      Dengan memperhatikan rumusan ini, Buku Siswa dan Buku Guru akan termanfaat secara optimal tanpa melupakan adanya sumber lain.

0 comments:

 
;