Assalamu Alaikum Wr Wb

Selamat datang di Blog saya. Semoga bermanfaat.
Jumat, Januari 17, 2020

CONTOH RPP SD KELAS 1 TEMATIK TERINTEGRASI KURIKULUM 2013 VERSI 2020 1 HALAMAN BERBASIS 1 PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester         :  1 /1
Tema/Subtema            :  Tema 1 – Diriku/Subtema 1- Aku dan Teman Baru
Pembelajaran ke-        :  1
Alokasi waktu              :  1 hari

A.      BAHAN/ALAT/MEDIA
Bahan/Alat: BG (1-8  ), BS (3-7), Bola plastik, HP
B.      KOMPETENSI DASAR
Muatan
No. KD
Kompetensi yang akan Dicapai
Bahasa Indonesia
3.9 dan 4.9
Merinci dan menggunakan kosa kata perkenalan diri dan orang lain secara tertulis dan lisan termasuk dalam Bahasa Ibu.
PPKn
3.2 dan 4.2
Mengidentifikasi aturan dan menceritakan kegiatan sesuai aturan.
SBdP
3.2 dan 4.2
Mengidentifikasi dan menirukan suara alat musik.
C.      TUJUAN PEMBELAJARAN
·      Dengan memperhatikan contoh yang diberikan guru (C), siswa (A) akan mengenalkan (B) namanya  secara lisan dan atau tertulis (D).
·      Setelah antri dan menunggu giliran perkenalan, siswa akan mampu menceritakan aturan.
·      Setelah mendengarkan lagu, siswa mampu mengidentifikasi alat-alat musik yang digunakan.
D.     KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendahuluan
Guru membuka pelajaran dengan salam, menyapa, memeriksa kehadiran siswa serta menyampaikan dan menunjukkan rasa senang berada di kelas ini. Selanjutnya untuk menyiapkan siswa dalam hal materi pembelajaran, guru meminta para siswa membuka BS hlm 2 dan mengamati gambar. Guru akan mengajukan beberapa pertanyaan menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa Ibu tentang apa yg mereka lakukan pada gambar. (BG hlm 4)
Inti
Guru akan mengenalkan dirinya dilanjutkan dengan perkenalan siswa kepada guru secara bergiliran dilanjutkan dengan perkenalan diri satu sama lain dalam kelompok kecil. Dalam kelompok, siswa akan melakukan permainan sederhana dengan aturan tertentu sambil menyebutkan urutannya. Selanjutnya, siswa akan mengikuti permainan perkenalan diri melalui lagu Siapa Namamu. Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Satu Satu Aku Sayang Ibu dari HP guru. Siswa yang ditunjuk akan menyebutkan jenis dan bentuk alat musik pada lagu tersebut dan menirukan suaranyanya.
Penutup
Pembelajaran diakhiri dengan menyanyikan lagu Siapa Namamu? Syair diubah: Apa alatnya? (seorang siswa akan menjawab alat musiknya) Bagaimana suaranya? (Siswa tsb menirukan)
E.      ASESMEN
Sikap: Pengamatan anak yang belum percayaan diri dan disiplin dicatat untuk ditindaklanjuti.
Pengetahuan/Keterampilan: Potofolio berisi nama siswa dan alat musik yang disenangi pada selembar kertas, dilengkapi sketsa berwarna sehingga terlihat lebih menarik.
                                                                                                                                    Yogyakarta, 15 Desember 2019
Mengetahui: Kepala SD                                                                                          Guru Kelas 1


(……………………………..)                              (……………………)



CATATAN:
1.      RPP ini dususun berdasarkan Pembelajaran, sehingga seorang guru SD kelas 1 akan menyusun 6 RPP subtema, 24 RPP per Tema. Karena terdapat 8 tema, guru SD kelas 1 harus menyiapkan 192 RPP pertahun. Ini sangat jauh lebih banyak daripada guru Matematika SMP (Kelas 7: 12 RPP) dan Guru Matematika SMA (Kelas X: 10 RPP)
2.      Bahan/Alat/Media dicantumkan untuk mengngatkan guru untuk mempersiapkannya. Detil media berada di Buku Guru.
3.      KD dicantumkan untuk menjadi panduan penyusunan Tujuan Pembelajaran.
4.      Tujuan Pembelajaran terdiri atas 4 unsur: ABCD. Degree (D) secara teoritis dihubungkan dengan materi dan timing, bukan dihubungkan dengan perilaku (B).
5.      Kegiatan Pembelajaran dusun dalam bentuk paragraph untuk memandu kegiatan pembelajaran mengalir secara tematik, bukan sebagai muatan secara bergilirann

0 comments:

 
;