RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SD/MI
Kelas /
Semester : 1 /1
Tema/Subtema :
Tema 1 – Diriku/Subtema 1- Aku dan Teman Baru
Pembelajaran
ke- : 1
Alokasi
waktu : 1
hari
|
A.
BAHAN/ALAT/MEDIA
Bahan/Alat: BG (1-8 ), BS (3-7), Bola plastik, HP
|
||
B.
KOMPETENSI DASAR
|
||
Muatan
|
No. KD
|
Kompetensi
yang akan Dicapai
|
Bahasa Indonesia
|
3.9 dan 4.9
|
Merinci dan menggunakan kosa kata perkenalan diri dan orang lain
secara tertulis dan lisan termasuk dalam Bahasa Ibu.
|
PPKn
|
3.2 dan 4.2
|
Mengidentifikasi aturan dan menceritakan kegiatan sesuai aturan.
|
SBdP
|
3.2 dan 4.2
|
Mengidentifikasi dan menirukan suara alat musik.
|
C.
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
||
·
Dengan memperhatikan contoh yang diberikan
guru (C), siswa (A) akan mengenalkan (B) namanya secara lisan dan atau tertulis (D).
·
Setelah antri dan menunggu giliran
perkenalan, siswa akan mampu menceritakan aturan.
·
Setelah mendengarkan lagu, siswa mampu
mengidentifikasi alat-alat musik yang digunakan.
|
||
D.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
||
Pendahuluan
Guru membuka
pelajaran dengan salam, menyapa, memeriksa kehadiran siswa serta menyampaikan
dan menunjukkan rasa senang berada di kelas ini. Selanjutnya untuk menyiapkan
siswa dalam hal materi pembelajaran, guru meminta para siswa membuka BS hlm 2
dan mengamati gambar. Guru akan mengajukan beberapa pertanyaan menggunakan Bahasa
Indonesia atau bahasa Ibu tentang apa yg mereka lakukan pada gambar. (BG hlm
4)
Inti
Guru
akan mengenalkan dirinya dilanjutkan dengan perkenalan siswa kepada guru
secara bergiliran dilanjutkan dengan perkenalan diri satu sama lain dalam
kelompok kecil. Dalam kelompok, siswa akan melakukan permainan sederhana
dengan aturan tertentu sambil menyebutkan urutannya. Selanjutnya, siswa akan
mengikuti permainan perkenalan diri melalui lagu Siapa Namamu. Kegiatan dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Satu Satu Aku Sayang Ibu dari HP guru.
Siswa yang ditunjuk akan menyebutkan jenis dan bentuk alat musik pada lagu
tersebut dan menirukan suaranyanya.
Penutup
Pembelajaran diakhiri dengan menyanyikan lagu Siapa Namamu? Syair diubah: Apa alatnya? (seorang siswa akan
menjawab alat musiknya) Bagaimana
suaranya? (Siswa tsb menirukan)
|
||
E.
ASESMEN
|
||
Sikap: Pengamatan anak yang belum percayaan
diri dan disiplin dicatat untuk ditindaklanjuti.
Pengetahuan/Keterampilan: Potofolio
berisi nama siswa dan alat musik yang disenangi pada selembar kertas,
dilengkapi sketsa berwarna sehingga terlihat lebih menarik.
|
||
Yogyakarta, 15 Desember 2019
Mengetahui: Kepala SD
Guru
Kelas 1
(……………………………..) (……………………)
|
CATATAN:
1.
RPP ini dususun berdasarkan Pembelajaran,
sehingga seorang guru SD kelas 1 akan menyusun 6 RPP subtema, 24 RPP per Tema.
Karena terdapat 8 tema, guru SD kelas 1 harus menyiapkan 192 RPP pertahun. Ini
sangat jauh lebih banyak daripada guru Matematika SMP (Kelas 7: 12 RPP) dan
Guru Matematika SMA (Kelas X: 10 RPP)
2.
Bahan/Alat/Media dicantumkan untuk mengngatkan
guru untuk mempersiapkannya. Detil media berada di Buku Guru.
3.
KD dicantumkan untuk menjadi panduan
penyusunan Tujuan Pembelajaran.
4.
Tujuan Pembelajaran terdiri atas 4 unsur:
ABCD. Degree (D) secara teoritis dihubungkan dengan materi dan timing, bukan dihubungkan dengan
perilaku (B).
5.
Kegiatan Pembelajaran dusun dalam bentuk
paragraph untuk memandu kegiatan pembelajaran mengalir secara tematik, bukan
sebagai muatan secara bergilirann
0 comments:
Posting Komentar