Assalamu Alaikum Wr Wb

Selamat datang di Blog saya. Semoga bermanfaat.
Kamis, Oktober 16, 2008

Anggaran Pendidikan

Presiden: Anggaran Pendidikan 20 Persen Akan Dipenuhi
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Jumat, 15 Agustus 2008 | 08:38 WIB

Laporan Wartawan Kompas Suhartono

JAKARTA, JUMAT - Pemerintah sepertinya akan memenuhi keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada tanggal 13 Agustus lalu mengenai alokasi dana pedidikan sebesar 20 persen. Hal itu setidaknya tercermin dari isi pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan dibacakan di depan sidang paripurna DPR pukul 09.00 pagi ini, seperti yang diterima Kompas.

Presiden menyatakan pada tahun anggaran 2009 mendatang, pemerintah memang bertekad untuk memenuhi amanat konstitusi sekitar 20 persen. "Bidang pendidikan tetap menjadi prioritas utama pemerintah, beberapa tahun terakhir ini alokasi anggaran departemen pendidikan nasional, merupakan alokasi anggaran tertinggi, dibanding depertemen lainnya. Anggaran pendidikan telah meningkat hampir dua kali lipat, dari Rp 78,5 triliun dua tahun lalu, saat ini menjadi 154,2 triliun pada 2008," jelas Presiden.

Presiden menambahkan, "Alhamdulillah, untuk tahun anggaran 2009 ditengah-tengah krisis harga minyak dan pangan dunia yang berdampak kepada perekonomian, kita telah memenuhi anggaran pendidikan 20 persen dari APBN seperti yang diamanatkan UUD 1945."

Lebih jauh dijelaskan, kenaikan anggaran akan digunakan untuk merehabilitasi gedung sekolah dan membangun puluhan ribu kelas dan ribuan sekolah baru. "Sejak 2005 lalu dengan semangat desentralisasi, pemerintah juga memberikan hibah dalam bentuk bantuan operasional langsung ke sekolah atau BOS," demikian presiden.

Namun Presiden tidak merinci jumlah nominal anggaran pendidikan yang persentasenya 20 persen itu. Kompas memperkirakan, anggaran pendidikan tahun 2009 hampir Rp 200 triliun.

0 comments:

 
;