Sifat-sifat Bilangan berpangkat dan
bentuk akar
1. Berpikir kritis Tanpa melakukan
penghitungan, urutkan 6-3 , 62 , dan 60 dari bilangan terkecil ke
terbesar. Jelaskan alasannya.
Petunjuk: Gunakan pengertian pangkat.
2. Menulis Tulis suatu ekspresi dengan pangkat negatif yang nilainya di
antara 0 dan ½.
Petunjuk: Banyak jawaban. Gunakan ½ sebagai patokan.
3.
Terbuka Pilih beberapa pecahan antara 0 dan 1. Kemudian tentukan nilainya setelah
dipangkatkan -1. Jelaskan hubungan antara
-1 dan
pecahan semula.
Petunjuk: Banyak jawaban.
Misal ½. Berapakah ½ dipangkatkan -1?
4. Berpikir kritis Jelaskan perbedaan antara
ekspresi (-4)2 dan 4-2.
Petunjuk: Gunakan pengertian perpangkatan.
5. Berpikir kritis Tentukan apakah 1,2 × 105
atau 1,2 × 106 lebih mendekati satu juta. Jelaskan.
Petunjuk: Gunakan pengertian bilangan notasi ilmiah.
6. Berpikir kritis Tentukan apakah suatu bilangan desimal yang dikalikan dengan perpangkatan
10 kadang-kadang, selalu, atau tidak pernah menjadi expresi dalam bentuk notasi ilmiah. Jelaskan.
Petunjuk: Gunakan pengertian bilangan desimal dan perpangkatan
10.
7. Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah. Jelaskan alasannya atau beri sangkalannya.
Apabila
urutan bilangan pada perkalian dua suku tunggal, hasilnya akan berbeda.
Petunjuk: Gunakan sifat-sifat perkalian.
8.
Terbuka Beri
satu contoh bilangan dalam bentuk perpangkatan dan satu bilangan dalam bentuk
biasa.
Petunjuk: Banyak jawaban. Ambil bilangan yang dapat
diubah menjadi bentuk perpangkatan.
9.
Siapa yang benar? Berikut adalah pekerjaan Anita dan Tri. Siapa
yang benar? Jelaskan alasannya.
Petunjuk:
Gunakan pengertian perpangkatan.
10. Terbuka Tulis suatu perpangkatan yang nilainya lebih
dari 100.
Petunjuk: Banyak jawaban. Gunakan pengertian
perpangkatan.
11. Berpikir kritis Gunakan pola bilangan di bawah ini untuk memberikan argumen yang
meyakinkan bahwa setiap bilangan, kecuali 0, apabila dipangkatkan 0 hasilnya
sama dengan 1.
24 = 16
23 = 8
22 = 4
21 = 2
20 = ?
Petunjuk: Hubungkan
pola pangkat di ruas kiri dan pola hasilnya di ruas kanan. Lanjutkan untuk
beberapa perpangkatan lagi berdasarkan pola tersebut.
12. Berpikir kritis Tentukan bilangan yang tidak dapat ditulis sebagai suatu perpangkatan dengan pangkat lebih dari 1. Jelaskan alasanmu.
4
|
|
9
|
|
16
|
|
50
|
Petunjuk: Gunakan
pengertian pangkat sempurna.
0 comments:
Posting Komentar