Assalamu Alaikum Wr Wb

Selamat datang di Blog saya. Semoga bermanfaat.
Kamis, Januari 24, 2013 0 comments

BUKAN MATEMATIKA BIASA


Unsur dan bagian-bagian lingkaran
1. Selidiki  Gunakan Internet atau sumber lainnya untuk mencari informasi lebih lanjut tentang: busur, sudut pusat, dan sudut keliling.
2. Terbuka Gambar lingkaran dan beri label  pusat, jari-jari, dan garis tengahnya.
3.  Siapa yang benar?  Marisa mengatakan bahwa dua busur bisa saja sama panjang tetapi tidak kongruen. Desta mengatakan bahwa jika dua busur sama panjang, maka keduanya pasti kongruen.  Siapakah yang benar? Mengapa?
4.  Berpikir kritis  Tentukan ada berapa garis singgung lingkaran yang dapat ditarik dari titik di luar lingkaran.  Jelaskan mengapa garis-garis singgung ini kongruen.
5.   Selidiki  Kata secant berasal dari kata Latin secare.  Gunakan Internet atau kamus untuk mencari arti dari kata tersebut.  Jelaskan mengapa secant digunakan untuk garis yang memotong lingkaran pada tepat dua titik.
6.  Menulis Jelaskan bagaimana cara menentukan ukuran sudut antara dua garis singgung.
7.  Mana yang bukan?  Tunjukkan istilah yang tidak sejenis dengan yang lainnya.  Jelaskan alasannya.
 Busur     jari-jari      apothema        ruas garis 
8. Berpikir kritis  Jelaskan persamaan dan perbedaan antara lingkaran sepusat dan lingran kongruen.
9.  Terbuka   Gambar sebuah lingkaran dan tentukan tiga titik pada lingkaran tersebut.  Beri label busur-busur yang terbentuk oleh ketiga titik tersebut.  Gunakan busur derajat untuk menentukan ukuran masing-masing busur. 
10. Menulis  Jam analog memiliki jarum yang bergerak menunjukkan jam, menit dan kadang-kadang detik.  Gunakan informasi tersebut untuk menjelaskan jenis sudut yang dibentuk oleh jarum-jarum tersebut.  Lengkapi jenis sudut yang terbentuk oleh jarum-jarum tersebut. Jelaskan beberapa kali sehari sudut-sudut tersebut kongruen.
Senin, Januari 14, 2013 1 comments

PENALARAN MATEMATIS



Tujuan kedua dari pembelajaran matematika sekolah adalah menggunakan penalaran. Secara sederhana, ini berarti para siswa diberikan kesempatan untuk menjelaskan. Berikut adalah contohnya.


1.      Berpikir kritis  Apakah setiap himpunan selalu, kadang-kadang, atau tidak pernah dapat dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan? Beri contoh dan jelaskan alasannya.
2.      Berpikir kritis  Apakah setiap himpunan selalu, kadang-kadang, atau tidak pernah dapat dinyatakan dengan pendaftaran anggotanya? Beri contoh dan jelaskan alasannya.
3.      Berpikir kritis  Apakah setiap himpunan selalu, kadang-kadang, atau tidak pernah dapat dinyatakan dengan kata-kata (deskriptif)? Beri contoh dan jelaskan alasannya.
4.      Terbuka Beri satu contoh himpunan yang hanya dapat dinyatakan dengan cara menuliskan anggotanya.

 
;