Assalamu Alaikum Wr Wb

Selamat datang di Blog saya. Semoga bermanfaat.
Senin, April 01, 2013

SERI KITA DALAM BILANGAN: KERANGKA



 Tulang Tengkorak
2  22  8  14

Tengkorak terdiri atas dua komponen utama: cranium dan wajah. Dua puluh dua tulang tengkorak terdiri atas 8 tulang pada cranium, dan 14 tulang wajah, termasuk tulang rahang bawah.






8

Cranium terdiri atas 8 tulang pipih melengkung. Dua di antaranya memiliki pasangan, yaitu tulang temporal  dan tulang parietal. Tulang yang tidak memiliki pasangan adalah tulang dahi (frontal), ethmoid, sphenoid, dan occipital.


14

Tulang wajah terdiri atas 14 tulang. Tulang yang terbesar adalah rahang bawah (mandible), selanjutnya adalah sepasang rahang atas (maxillae), sepasang tulang pipi (zygomatics), sepasang tulang hidung (nasal), dan cartilage.





2,5-3,33
Tulang terkecil ditubuh kita terletak di kepala. Tulang stirrup yang terletak di belakang gendang telinga panjangnya hanya 2,5 hingga 3,3 millimeter. 



  





7
Leher memiliki tujuh tulang yang merupakan bagian dari tulang belakang.








22  3  2

Tulang tengkorak dibentuk oleh sekitar 22 tulang (kecuali 3 tulang pada bagian tengah masing-masing telinga). Fungsinya adalah melindungi otak, membentuk struktur wajah dan memungkinkan manusia mendengar.  Tulang-tulang tersebut dibagi atas dua kelompok utama. Kelompok pertama (meliputi tulang frontal, parietal, dan temporal) mengelilingi otak dan bergabung menjadi cranium. Kelompok kedua membentuk wajah.








0 comments:

 
;