Assalamu Alaikum Wr Wb

Selamat datang di Blog saya. Semoga bermanfaat.
Rabu, Januari 13, 2010

SOAL PLPG – KINI GILIRAN GURU SD/MI


PLPG tahap 4 di rayon 13 telah berakhir. Suatu sesi praktek pembelajaran saya meminta para peserta (yang dianggap sebagai siswa, walau ada Kepseknya), untuk mengeluarkan benda yang berarti banyak bagi hidupnya dari dalam tas yang mereka bawa.
Sebenarnya kegiatan ini akan sangat bagus kalo diinfokan kepada siswa beberapa hari sebelumnya, dan benda tersebut dapat berupa foto, buku, benda-benda pusaka dan lain sebagainya. Kemudian para siswa akan menceritakan, menulis, menggambar, bahkan menghitung berdasarkan benda yang dibawanya. Bagus kan?
Tetapi karena peserta PLPG ini adalah para guru SD/MI dan bahkan Kepsek, dan keadaan tidak memungkinkan meminta mereka membawa benda-benda tersebut dari rumah masing-masing, jadilah seperti saya ceritakan di awal tadi, benda-benda tersebut cukup dari tas mereka yang besar-besar dan berbagai bentuknya.
Mau tahu benda apa yang mereka keluarkan? OBAT-OBATAN!!! Minyak angin, balsam, Pak Pung Oil, Cap Kampak, Kayu Putih bahkan botol-botol obat. Lalu saya amati beliau-beliau ini. Usianya tidak mudah lagi. Ada yang bulan akan pension, ada yang tahun depan, bahkan ada yang sidah pensiun(?). Kemaren bahkan ada yang dibawa ke RS, karena strook!!!
Seharusnya pemerintah membuat kegiatan itu terencana dengan baik. Untuk apa memPLPGkan beliau-beliau yang keadaan seperti ini. Mereka telah mengabdi selama 20 bahkan 30 tahun, bahkan seperti saya katakan tadi hampir pensiun. Saya membayangkan alangkah bahagianya beliau ini dihargai dengan cara lain, tanpa Sertifikasi/PLPG.
Saya mencurigai beliau-beliau ini adalah korban system target, target bahwa tahun ini harus sejumlah ini tersertifikasi, tahun itu harus segitu. Saya ingat beberapa tahun lalu di daerah Cirebon, para ibu pengajian dibawa naik truk dibawa ke puskesmas utuk dipasang alat KB. Padahal ada para janda. INI JUGA KORBAN TARGET.
Zaman telah berubah, tetapi target tetap target walau berbaju lain. Bahkan POLRI pun juga kayaknya pake system target. SELAMAT.

1 comments:

Anonim mengatakan...

betul...
masa' pakdhe saya udah mau pensiun ikut sertifikasi..
kemarin gak lulus ujian...

 
;